TUNDUK DALAM PEMBENTUKAN TUHAN

RENUNGAN HARIAN 3912 Kali Dibaca

Renungan Harian Kristen – Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. “Tunduk Dalam Pembentukan Tuhan” adalah merupakan tema renungan kita saat ini.

Saudaraku, terkadang kita tidak pernah berpikir bahwa betapa pentingnya kita harus masuk dalam pembentukan Tuhan, oleh sebab itu setiap orang percaya harus rela dan mau tunduk dalam pembentukan Tuhan, sebab apabila kita tidak tunduk dalam pembentukan Tuhan maka kita tidak akan mungkin bertumbuh menjadi sama seperti yang Tuhan kehendaki.

Dalam proses pembentukan Tuhan ini, terkadang ada begitu banyak tekanan hidup yang harus kita lalui dan itu dirasakan sangat menyakitkan, tetapi tak jarang juga kita bisa melihat pertumbuhan seorang anak Tuhan yang bertumbuh dalam pembentukan Tuhan tanpa harus melewati tekanan hidup yang berat.

Disini tentu yang diperlukan adalah kerelaan hati setiap kita, mau memberi diri masuk dalam pembentukan Tuhan, sebab bila kita rela dan mau tunduk dalam pembentukan Tuhan maka, apapun yang terjadi kita mengerti kalau semuanya itu adalah proses pembentukan yang sedang Tuhan izinkan terjadi dalam hidup kita.

Satu hal yang harus kita sadari adalah, saat kita memberi diri masuk dalam pembentukan Tuhan maka proses yang akan kita lewati itu akan membawa kita menjadi pribadi seperti yang Tuhan kehendaki artinya kita harus bisa berserah dan berkata kepada Tuhan, “apapun yang Engkau mau perbuatlah kepadaku sesuai kehendakMu ya Allah”.

Tunduk Dalam Pembentukan Tuhan

Ilustrasi : Renungan Harian Kristen – Tunduk Dalam Pembentukan Tuhan | renunganhariini.com

Cerminan dari proses pembentukan Tuhan ini bisa kita lihat dari kisah hidup Yusuf (Kejadian 37), dimana proses pembentukan yang Tuhan izinkan terjadi dalam hidupnya begitu menyakitkan, tetapi diujung dari pembentukan itu Yusuf menjadi pribadi seperti yang Tuhan kehendaki sehingga hidupnya bisa menjadi berkat bagi banyak orang.

Seringkali dalam proses pembentukan itulah kita mengeluh, bahkan rasanya seperti kita tidak pernah melihat pertolongan Tuhan itu datang, tetapi kita lupa bahwa Tuhan bisa memakai berbagai cara untuk sebuah proses pembentukan anak-anakNya, dan semua itu baru bisa dimengerti pada akhirnya.

Firman Tuhan menggambarkan proses pembentukan Yusuf betapa menyakitkan, tetapi bila kita lihat pada akhirnya dikisahkan dalam Kejadian 41:41 Selanjutnya Firaun berkata kepada Yusuf: “Dengan ini aku melantik engkau menjadi kuasa atas seluruh tanah Mesir.” 41:42 Sesudah itu Firaun menanggalkan cincin meterainya dari jarinya dan mengenakannya pada jari Yusuf; dipakaikannyalah kepada Yusuf pakaian dari pada kain halus dan digantungkannya kalung emas pada lehernya. 41:43 Lalu Firaun menyuruh menaikkan Yusuf dalam keretanya yang kedua, dan berserulah orang di hadapan Yusuf: “Hormat!” Demikianlah Yusuf dilantik oleh Firaun menjadi kuasa atas seluruh tanah Mesir. 41:44 Berkatalah Firaun kepada Yusuf: “Akulah Firaun, tetapi dengan tidak setahumu, seorang pun tidak boleh bergerak di seluruh tanah Mesir.”

Jadi selama kita ada dalam proses pembentukan Tuhan, tetaplah sadar bahwa apapun yang terjadi dalam hidup ini tidak terlepas dari kontrol Tuhan dan kita pasti akan dimampukan untuk melewatinya, seperti yang firman Tuhan katakan didalam, Filipi 4:12 Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan. 4:13 Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Kiranya kebenaran ini membuat kita semakin menyadari bahwa untuk menjadi pribadi seperti yang Tuhan kehendaki maka kita harus mau tunduk dalam pembentukan Tuhan.

Jangan lupa untuk menyimak juga renungan terkait lainnya :

Perjumpaan Pribadi Dengan Tuhan

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin

tags: ,

Related For TUNDUK DALAM PEMBENTUKAN TUHAN