UKURAN YANG DIUKURKAN KEPADA KITA

RENUNGAN HARIAN 1850 Kali Dibaca

Syalom sahabat renunganhariini.com yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Kebenaran firman Tuhan dalam Markus 4:24 Lalu Ia berkata lagi: “Camkanlah apa yang kamu dengar! Ukuran yang kamu pakai untuk mengukur akan diukurkan kepadamu, dan di samping itu akan ditambah lagi kepadamu.

Disini Tuhan menghendaki agar kita mengerti kebenaran tentang ukuran yang kita ukurkan kepada orang lain, demikian pula ukuran tersebut akan diukurkan juga kepada kita. Dari kebenaran ini sesungguhnya Tuhan mau menyingkapkan pintu rahasian-Nya kepada kita saat kita mau melakukan kebenaran itu, namun dalam hal ini kita harus membayar harga untuk melakukannya.

Ukuran dalam ayat kebenaran firman Tuhan ini berbicara tentang pengertian kita akan kebenaran firman Tuhan, yaitu bagaimana kita membangun persekutuan dengan Allah atau bagaimana kira bersekutu dengan Allah, selama kita masih hidup didunia ini serta bagaimana kita bersikap terhadap orang-orang yang ada disekitar kita setiap hari dimanapun kita berada.

Jadi semua hal yang menyangkut apa yang harus kita lakukan atau kita perbuat, itulah yang disebut sebagai ukuran, dan tentu semuanya ini tergantung pada pengertian dan kesediaan kita didalam melakukan apa yang firman Tuhan katakan dan sampai dimana kita mempercayai akan kebenaran firman Tuhan dalam hidup ini serta itu nyata dari kehidupan kita.

Jadi kalau kita telah mengerti kebenaran akan firman Tuhan, itu belum cukup membuat kita merasa bahwa kita telah berkenan dihadapan Allah. Dan ketika kita boleh mengerti akan kebenaran firman Tuhan, hal itu juga tidak boleh membuat kita merasa puas dengan pengertian kita akan kebenaran firman tersebut, karena semakin dalam kita mau bertekun dan belajar dalam mengerti akan kebenaran firman Tuhan, maka rahasia kebenaran itu akan terus diungkapkan kepada kita.

Disini yang Tuhan mau adalah, sebagai orang percaya setiap kebenaran yang sudah kita pahami maka kebenaran itu harus menjadi kompas yang bisa menuntun arah hidup kita terus menerus setiap hari, supaya kita tetap berjalan dalam kebenaran Tuhan dan terus melakukan apa yang menjadi kehendak Tuhan.

Ukuran Yang Di Ukurkan Kepda Kita
Apapun kebenaran yang kita mengerti itu semua harus diterjemahkan lewat perilaku hidup kita, baik itu sikap, perkataan, tindakan, dan perbuatan, semuanya itu harus mencerminkan kebenaran Allah yang ada didalam kita, sehingga seluruh gerak hidup kita itu bisa menyatakan bahwa Kristus hidup didalam kita sebagai orang percaya.

Saudaraku yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus, kita harus menyadari bahwa semakin seseorang mengerti akan kebenaran firman Tuhan maka ia dituntut lebih banyak untuk melakukan firman tersebut didalam kehidupannya. Jadi kalau kita mengerti firman Tuhan dengan baik lalu kita tidak melakukan firman tersebut, maka kita tidak pernah menjadi pelaku firman, padahal sebagai orang percaya ketika kita mendengar firman itu disampaikan lalu kita mengerti maka selanjutnya firman itu harus dilakukan dalam kehidupan kita.

Firman Tuhan katakan didalam Yakobus 1:22 Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri. 1:23 Sebab jika seorang hanya mendengar firman saja dan tidak melakukannya, ia adalah seumpama seorang yang sedang mengamat-amati mukanya yang sebenarnya di depan cermin. 1:24 Baru saja ia memandang dirinya, ia sudah pergi atau ia segera lupa bagaimana rupanya.

Jadi firman Tuhan itu harus nyata dalam kehidupan orang percaya, karena kalau kita tidak melakukan firman itu maka hidup kita tidaklah berbeda dengan orang yang tidak percaya kepada Tuhan, dan itu berarti kita sama dengan dunia ini, padahal yang Tuhan mau adalah sebagai orang percaya kita tidak boleh serupa dengan dunia ini.

Jadi mengerti kebenaran firman Tuhan itu buka lalu hanya digunakan untuk, berkhotbah, berdiskusi, berdebat, dengan orang lain karena menganggap diri kita pintar, atau kita ini sarjana theologia, lalu dengan seenaknya saja kita menghakimi orang lain.

Kalau ini yang terjadi dalam hidup kita maka kita menjadi orang yang sombong, dan orang seperti ini pasti tidak akan dapat bertumbuh dalam kebenaran, karena kebenaran itu harus bertumbuh dalam hidup setiap orang percaya. Orang-orang seperti ini tidak akan dapat mengerti rahasia-rahasi kebenaran firman Tuhan.

Pertanyaanya kenapa demikian?, karena mereka belajar firman Tuhan hanya untuk dimulut saja dan bukan untuk menuntun menuntun kehidupannya supaya menjadi pribadi yang sama seperti Kristus. Ingat Tuhan akan menuntut setiap orang percaya yang sudah mengerti akan firman-Nya, untuk melakukan firman tersebut.

Oleh sebab itu Ia mengatakan kepada kita untuk tidak mudah mengukur diri orang lain dengan ukuran yang kita miliki, karena setiap orang akan mempertanggungjawabkan setiap perbuatannya masing-masing dihadapan Tuhan.

Saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, jangan lupa untuk simak juga Gagal Mengerti Kehendak Allah.

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: , ,

Related For UKURAN YANG DIUKURKAN KEPADA KITA