MENJADI SERUPA DENGAN KRISTUS YESUS

RENUNGAN MINGGU 2625 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan MingguMenjadi Serupa Dengan Kristus Yesus. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan kita saat ini berjudul; Menjadi Serupa Dengan Kristus Yesus.

Saudaraku, kita harus tetap menyadari bahwa menjadi serupa dengan Kristus Yesus, adalah satu-satunya tujuan hidup yang harus dimiliki oleh orang percaya. Tujuan hidup untuk menjadi serupa dengan Kristus Yesus ini adalah tujuan hidup yang benar.

Bila orang percaya bisa mencapi garis akhir dari tujuan hidup ini, yaitu menjadi sama seperti Kristus, maka ia akan diterima di dalam Kerajaan Allah Bapa di sorga, tetapi jika tidak serupa dengan Kristus, maka akan ditolak oleh Allah.

Perjuangan untuk bisa mencapai garis akhir menjadi serupa dengan Kristus, bukanlah perjuangan yang mudah. Hal ini disebabkan karena sudah terlalu lama kita ada dalam lingkungan, yang secara tidak langsung terlanjur mendidik kita menjadi serupa dengan dunia, dan itu bisa dilihat dari gaya hidup kita selama ini yang lebih dipenuhi dengan gaya hidup dunia.

Keadaan inilah yang membuat perjuangan untuk merubah gaya hidup setiap orang percaya untuk menjadi serupa dengan Tuhan Yesus Kristus akan menjadi nyaris mustahil untuk dilakukan.

Nyaris mustahil artinya bukan tidak mungkin untuk dilakukan, sebab orang yang mengarahkan pandangan hidupnya hanya untuk masa depan hidupnya di kekekalan, akan berjuang untuk melepaskan diri dari keterikatan dengan gaya hidup dunia.

Menjadi tidak mungkin untuk dilakukan bila kita tidak tinggal di dalam firman-Nya. Tetapi bagi orang-orang yang mau terus tinggal di dalam firman-Nya, maka Tuhan pasti akan memberikan kemampuan untuk hidup seturut kehendak-Nya. Itulah kenapa firman Tuhan katakan di dalam;

Roma 8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Kalau dikatakan bahwa, “Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia.” Kebenaran ini sebenarnya bukanlah berbicara tentang Allah mendatangkan kebaikan, dengan cara mencukupi hidup orang percaya dengan berkat-berkat jasmani yang bisa dinikmati selama hidup di dunia ini.

Yang dimaksudkan kebenaran ini adalah, Allah akan memberikan kekuatan bagi setiap kita orang percaya yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah, supaya kita ada dalam proyek penyelamatan Allah, dimana kita akan dikembalikan menjadi manusia-manusia yang memiliki pribadi yang unggul, seperti yang ada dalam rancangan Allah yang semula yaitu sempurna seperti Allah, menjadi serupa segambar dengan Allah. Itu bisa dilihat dalam ayat selanjutnya;

Roma 8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.

Menjadi Serupa Dengan Kristus Yesus

Renungan Minggu : Menjadi Serupa Dengan Kristus Yesus | Renunganhariini.com

Jadi disini kita bisa melihat bahwa tidak musatahil untuk menjadi serupa dengan Kristus. Sebab bagi orang-orang yang mencintai kehidupan kekal dan sungguh-sungguh memiliki kerinduan untuk bisa diterima didalam Kerajaan Allah, tidak akan pernah merasa sendiri, karena disaat kita lemah, Allah pasti akan memberikan kekuatan, karena Allah melihat sampai kepada kedalaman hati kita, Allah melihat semua kerinduan hati kita untuk ada bersama-sama dengan Kristus dalam Kerajaan-Nya.

Menjadi serupa sama seperti Kristus adalah harga mati yang tidak dapat ditawar. Artinya kalau kita tidak mau berjuang sampai pada garis Akhir, dan garis akhir itu adalah detik terakhir dan tarikan nafas terakhir dari kesempatan hidup di dunia, maka kita tidak akan bisa menjadi bagian dari orang-orang yang diterima dalam Kerajaan-Nya.

Orang-orang yang ada di dalam Kerajaan-Nya nanti adalah orang-orang yang berhasil mencapai titik kesempurnaan seperti yang Allah kehendaki yaitu serupa dengan Kristus dan itu artinya menjadi sempurna sama seperti Allah Bapa di sorga yang adalah sempurna. Itulah yang dimaksudkan firman Tuhan di dalam;

Matius 5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.”

Kebenaran ini seharusnya membuat kita semakin gentar untuk mengerjakan keselamatan yang sudah Allah berikan di dalam Tuhan Yesus, bagi semua orang yang mau percaya Kepada-Nya.

Kenapa kita harus gentar?. Terkadang kebenaran seperti ini tidak disadari oleh banyak orang percaya, termasuk didalamnya banyak hamba-hamba Tuhan, pelayan Tuhan, pengerja di gereja, yang merasa sudah sangat aktif melayani Tuhan. Apalagi kalau merasa setiap hari minggu sudah ke gereja, sudah melayani Tuhan, sudah melakukan banyak mujizat dalam berbagai pelayaan, maka keadaan ini akan membuat banyak diantara kita yang merasa bahwa sudah pasti diterima oleh Tuhan.

Ini adalah sebuah pandangan yang keliru. Pergi ke gereja setiap hari minggu dengan rajin, melayani pekerjaan Tuhan dengan rajin, bukan berarti kita lalu lalai dalam memeriksa cara hidup kita di hadapan Tuhan. Sebab dengan prestasi pelayanan yang kita miliki, seringkali akan membuat kita lupa diri dan jatuh dalam dosa kesombongan yang tidak kita sadari.

Itulah kenapa setiap saat kita harus tetap mengoreksi seluruh keberadaan hidup kita, dan temukan apakah kita sudah serupa seperti Kristus atau belum. Kita tidak bisa menutup mata terhadap apa yang firman Tuhan katakan, bahwa bukan orang yang berseru, Tuhan, Tuhan, yang akan masuk kedalam Kerajaan sorga. Itulah yang dikatakan di dalam;

Matius 7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?

7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”

Orang yang berseru memanggil nama Tuhan adalah orang yang sudah percaya kepada Tuhan. Tetapi dari kebenaran ini kita bisa menangkap pesan penting, bahwa ternyata tidak cukup hanya berkata percaya kepada Tuhan, atau berdoa memanggil nama Tuhan, mengusir setan dalam nama Tuhan Yesus, serta sudah melakukan banyak mujizat. Karena yang menjadi ukurannya adalah, apakah kita sudah hidup melakukan kehendak Allah Bapa atau belum?.

Jadi ini adalah peroalan serius yang perlu kita berikan perhatian ekstra, menyediakan waktu khusus, supaya kita bisa memeriksa keadaan hidup kita, pelayanan kita, sikap kita, perkataan kita, karakter kita, apakah sudah berubah menjadi serupa dengan Kristus Yesus atau belum. Dan itu yang terpenting untuk kita perkarakan saat ini.

Kiranya kebenaran ini membuat kita kembali mau memeriksa seluruh gerak hidup kita dihadapan Tuhan, apakah kita sudah menjadi serupa dengan Kristus atau belum. Jika belum maka kita harus berjuang untuk menjadi serupa dengan Kristus, sebab itulah yang menjadi standar atau ukuran bagi setiap orang bisa diterima didalam Kerajaan Allah Bapa di sorga, atau terbuang ke dalam lautan api sampai selama-lamanya. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca juga : Bertobatlah Sebelum Tidak Ada Lagi Kesempatan

Artikel by Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2016 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: ,

Related For MENJADI SERUPA DENGAN KRISTUS YESUS