BUKAN TUBUH JASMANI YANG DIBANGKITKAN

RENUNGAN PAGI 1384 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan PagiBukan Tubuh Jasmani Yang Dibangkitkan. Shalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan hari ini adalah; Bukan Tubuh Jasmani Yang Dibangkitkan.

Saudaraku, kita harus menyadari bahwa dalam tubuh manusia ada tiga unsur penting yaitu roh, jiwa dan tubuh. Alkitab menggambarkan keadaan manusia ini sebagai manusia lahiriah dan manusia batiniah.

Kalau kita melihat kembali kepada apa yang firman Tuhan katakan bahwa manusia diciptakan segambar dengan Allah, maka keberadaan manusia yang lahiriah yang memiliki (daging; tubuh jasmaniah) bukanlah satu-satunya unsur yang membuat manusia dapat dikatakan sebagai makhluk hidup. Sebab hal utama yang terpenting yaitu bahwa manusia harus memiliki gambar Allah.

Jadi yang memberi nilai atas manusia itu adalah gambar Allah dalam diri manusia.  Allah menjadikan manusia sebagai makhluk hidup dari kesatuan antara tubuh dan nafas hidup yang Allah hembuskan pada manusia. Dalam persenyawaan antara tubuh dan roh inilah ada jiwa.

Jiwa inilah yang firman Tuhan gambarkan sebagai manusia batiniah, dan di dalam manusia batiniah inilah terdapat kesadaran. Di dalam jiwa ada perasaan, ada kehendak, ada hati nurani, dan juga akal budi manusia. Dan ini semua yang membuat manusia mampu memiliki kesadaran diri.

Sebagai orang percaya kita tahu bahwa dibalik kematian, pada waktu-Nya akan ada kebangkitan. Tentang kebangkitan inilah kita harus mengerti bahwa, bukan tubuh jasmani ini, bukan tubuh daging yang kita miliki saat ini yang akan dibangkitkan, sebab seperti yang firman Tuhan katakan, darah dan daging tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. Itulah yang ditulis di dalam;

1Korintus 15:50 Saudara-saudara, inilah yang hendak kukatakan kepadamu, yaitu bahwa daging dan darah tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah dan bahwa yang binasa tidak mendapat bagian dalam apa yang tidak binasa.

Bukan Tubuh Jasmani Yang Dibangkitkan

Renungan Pagi : Bukan Tubuh Jasmani Yang Dibangkitkan | Renunganhariini.com

Jadi pada akhirnya yang akan kembali kepada Allah adalah jiwa kita, roh yang berasal dari Allah yang ada pada kita inilah yang akan kembali kepada Allah, supaya tinggal bersama-sama dengan Allah di dalam Kerajaan-Nya. Dan inilah pengharapan kita. Firman Tuhan katakan di dalam;

2 Korintus 5:1 Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia.

Jadi sebagai orang percaya kita harus mulai menyadari bahwa tidak ada yang lain yang kita perlukan, atau tidak ada yang lain yang lebih berhaga di dunia ini yang kita butuhkan untuk masa depan kehidupan kita nanti di kekekalan, selain mendapat bagian di dalam Kerajaan sorga, yang digambarkan oleh firman Tuhan sebagai warisan yang disediakan oleh Allah Bapa di sorga, bagi orang-orang yang hidup takut akan Dia dan melakukan kehendak-Nya. Itulah kenapa firman Tuhan katakan di dalam;

Mazmur 73:25 Siapa gerangan ada padaku di sorga selain Engkau? Selain Engkau tidak ada yang kuingini di bumi. 73:26 Sekalipun dagingku dan hatiku habis lenyap, gunung batuku dan bagianku tetaplah Allah selama-lamanya.

Saudaraku, mengerti akan kebenaran ini, maka bila kita diperhadapkan pada kenyataan hidup seperti masalah sakit-penyakit, bahkan sampai pada kematian, disitulah kita bisa menyadari bahwa betapa fana-nya hidup ini, dan pada akhirnya kita akan menyadari bahwa kita hanya menumpang di dunia ini.

Jadi satu-satunya kebutuhan utama dan terutama dalam hidup kita selama kita masih menumpang di dunia ini adalah menemukan Tuhan, dan menjadikan Dia sebagai harta kekal yang harus kita miliki, dan bukan yang lain. Bukan dunia dengan segala kesenangannya.

Sebagai orang percaya kita harus mulai menyadari bahwa sesungguhnya yang kita butuhkan dan itu harus menjadi bagian hidup kita satu-satunya pada akhirnya, hanyalah Allah. Dan Alllah yang akan memberikan kepada kita kemuliaan yang Ia sediakan bagi orang-orang yang mengasihi Dia.

Seringkali banyak orang percaya yang tidak menyadari akan hal ini, tetapi suatu saat nanti setelah berada dibalik kematian, orang-orang yang tidak mau menyadari akan hal ini semasa hidupnya, selama mereka masih hidup menumpang di dunia ini, pada akhirnya baru meyadari bahwa sesungguhnya hanya inilah yang dibutuhkan manusia pada akhirnya, yaitu Allah. Allah yang akan memberikan kemuliaan.

Kita harus ingat bahwa saat ini kita mengenakan tubuh yang dapat binasa, bahkan akan mengalami pembusukan di dalam tanah, hal itu digambarkan Paulus sebagai tubuh yang “hina”. Dan selama kita hidup di dunia ini kita harus berjuang, supaya pada akhirnya kita bisa mengenakan tubuh  yang mulia yang tidak dapat binasa. Firman Tuhan katakan di dalam;

Filipi 3:20 Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat, 3:21 yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuh-Nya yang mulia, menurut kuasa-Nya yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diri-Nya.

Tubuh yang kita miliki saat ini dapat binasa, tetapi suatu saat nanti kita akan mengenakan tubuh kemuliaan yang tidak akan binasa sampai selama-lamanya. Hanya orang-orang yang saat ini mau berjuang supaya bisa mengenakan tubuh kemuliaan, pada akhirnya merekalah yang akan diberikan tubuh kemuliaan.

Tetapi bagi setiap orang yang saat ini tidak sungguh-sungguh berjuang, dan hanya sibuk menikmati segala kesenangan dunia dengan keinginannya, maka pada kebangkitan nanti, mereka akan dibangkitkan namun bukan untuk menerima dan mengenakan tubuh kemuliaan, tetapi dibangkitkan untuk menerima hukuman kekal yang penuh dengan ratapan dan kertak gigi yaitu penderitaan sampai selama-lamanya. Ingat firman Tuhan katakan dalam;

Kolose 3:1 Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. 3:2 Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.

Oleh sebab itu selagi ada waktu, selama masih ada kesempatan, berjuanglah sekarang juga dan jangan menunda lagi, carilah perkara-perkara yang diatas dan bukan yang di bumi, supaya pada akhirnya di balik kematian nanti, Allah berkenan mengakui kita sebagai anak-anak-Nya, dan Ia akan memberikan kepada kita semua satu tubuh yang baru, yaitu tubuh yang penuh dengan kemuliaan, sama seperti tubuh-Nya, dan kita diperkenankan hidup bersama-sama dengan Tuhan Yesus di dalam Kerajaan-Nya, menikmati kemuliaan sampai selama-lamanya. Kiranya kebenaran ini memberkati kita semua. Amin.

Baca juga : KITA BUKAN BERASAL DARI DUNIA INI

Artikel by Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2016 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: , ,

Related For BUKAN TUBUH JASMANI YANG DIBANGKITKAN