JANGAN HIDUP SEPERTI ORANG DUNIA

RENUNGAN PAGI 2994 Kali Dibaca

Renunganhariini.com: Renungan Pagi – Jangan Hidup Seperti Orang Dunia. Shalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan pagi kita saat ini adalah; Jangan Hidup Seperti Orang Dunia.

Saudaraku, kita tahu kalau firman Tuhan mengajarkan kita supaya kita tidak boleh serupa dengan dunia ini. Persoalannya sekarang adalah, jika kita mau jujur memeriksa hidup kita maka masih banyak diantara kita yang masih hidup serupa dengan dunia.

Orang percaya yang masih membiarkan hidupnya serupa dengan hidup orang-orang dunia pada umumnya, maka  mereka sama dengan orang yang tidak mengenal Allah.

Kalau kita masih hidup serupa dengan dunia maka kita tidak akan pernah mengerti apa yang menjadi kehendak Allah yaitu apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Itulah kenapa Rasul Paulus rela untuk meninggalkan segala sesuatu yang dulu semuanya itu merupakan keuntungan bagi dirinya, tetapi sekarang semuanya itu dianggapnya sampah, artinya tidak berarti apa-apa. Hal inilah yang telah saya singgung pada renungan sebelumnya.

Filipi 3:7 – 8

3:7 Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus.

3:8 Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus,

Ada satu hal yang harus kita sadari dan tidak boleh kita abaikan adalah, kita ini makhluk kekal, artinya suatu saat nanti kita bisa mati secara tubuh jasmani, tetapi roh yang ada di dalam kita akan tetap hidup selama-lamanya.

Jangan Hidup Seperti Orang Dunia

Renungan Pagi: Jangan Hidup Seperti Orang Dunia | Renunganhariini.com

Persoalannya kemudian adalah, dibalik kematian nanti kita harus menghadap takhta pengadilan Kristus seperti yang firman Tuhan katakan. Tentu dihadapan pengadilan itu kita harus mempertanggungjawabkan semua yang telah kita perbuat selama kita hidup di dunia ini, baik ataupun jahat. Itulah yang firman Tuhan katakan.

2 Korintus  5:10 Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.

Hal inilah yang seharunya kita perkarakan dengan serius mulai sekarang. Sebab jika kita tidak perkarakan dengan sungguh-sungguh, maka dibalik kematian nanti kita tidak punya waktu lagi untuk merubah diri, sebab semuanya sudah terlambat. Itulah kenapa Rasul Paulus mengatakan;

1 Korintus 15:32 Kalau hanya berdasarkan pertimbangan-pertimbangan manusia saja aku telah berjuang melawan binatang buas di Efesus, apakah gunanya hal itu bagiku? Jika orang mati tidak dibangkitkan, maka “marilah kita makan dan minum, sebab besok kita mati”.

Jadi kalau tidak ada kebangkitan orang mati dibalik kematian nanti, maka nikmatilah hidup ini sesuka hati kita. Akan tetapi di balik kematian nanti masih ada kebangkitan.

Itulah kenapa kita harus memilih, apakah kita mau menikmati dunia ini dengan segala kesenangannya, atau menikmati dunia yang akan datang yaitu Kerajaan sorga.

Kalau kita masih mau hidup seperti orang-orang dunia pada umumnya, itu artinya kita akan binasa di kekekalan. Sebab orang yang saat ini memberi dirinya terikat dengan persahabatan dunia, maka seperti yang firman Tuhan katakan, ia menjadikan dirinya musuh Allah.

Yakobus 4:4 Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.

Mungkin kita bisa mengelak dengan berkata, kita sudah menerima anugerah di dalam Tuhan Yesus Kristus, jadi pasti diselamatkan. Tetapi ingat baik, orang yang menerima keselamatan di dalam Kristus bukan tidak perlu lagi bertanggung jawab atas keselamatan tersebut.

Justru anugerah itu diberikan sebagai tanggung jawab. Kita harus mengerjakan keselamatan itu dengan takut dan gentar. Kita wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup. Dan seperti firman Tuhan katakan kita harus menjadi sempurna sama seperti Allah Bapa di sorga yang adalah sempurna.

Itulah kenapa saat ini kita harus berani untuk mengambil keputusan untuk meninggalkan dunia ini dengan segala kesenangannya, dan hidup hanya untuk melakukan kehendak Allah Bapa, selama kita masih menumpang di dunia ini. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca Juga: Panggilan Untuk Mengikut Teladan Kristus

Renungan oleh Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2017 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: , ,

Related For JANGAN HIDUP SEPERTI ORANG DUNIA