MEMIKIRKAN DAN MERINDUKAN KERAJAAN SORGA

RENUNGAN PAGI 1417 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan Pagi – Memikirkan Dan Merindukan Kerajaan Sorga. Shalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan singkat kita saat ini adalah; Memikirkan Dan Merindukan Kerajaan Sorga.

Saudaraku, ada begitu banyak keinginan dan kerinduan hati yang mungkin memenuhi hati dan pikiran kita saat ini. Saat ini kita harus mengoreksi semua keinginan dan kerinduan yang ada dalam hati dan pikiran kita. Kenapa saya katakan kita harus mengoreksi keinginan kita?. Sebab kalau kita mau jujur, banyak keinginan dan kerinduan hati kita hampir semuanya berorientasi kepada perkara-perkara duniawi.

Hidup sebagai orang percaya, bila kita masih mengarahkan keinginan hati kita hanya kepada perkara-perkara dunia yang sifatnya sementara, maka kita belum menjadi orang percaya seperti yang dikehendaki oleh Allah. Dan kalau mau jujur, cara hidup seperti itu menggambarkan kalau kita sesungguhnya tidak percaya kepada Allah. Sebab orang yang percaya kepada Allah, gaya hidupnya, termasuk apa yang dipikirkan, semuanya sudah harus berorientasi kepada selera Allah.

Jadi semua yang kita rindukan dan kita inginkan, harus sesuai dengan keinginan Allah, dan tidak lagi mengikuti keinginan hati kita. Sebab semua gerak hidup kita sudah harus bermuara pada satu tujuan yaitu Kerajaan Allah.

Pada satu kesempatan, saat saya berkhotbah di salah satu persekutuan doa, saya kemukakan satu pertanyaan. Dan yang saya tanyakan adalah; Sebagai orang percaya apakah dalam hari-hari hidup ini setiap hari, kita serius memikirkan Kerajaan Sorga?. Dan jawaban yang saya temukan sangat mencengangkan, dimana semua yang hadir menjawab dengan menggelengkan kepala. Artinya mereka tidak pernah serius memikirkan tentang Kerajaan Sorga.

Jawaban ini saya percaya akan sama bila ditanyakan kepada kebanyakan orang percaya lainnya, termasuk saudara saat membaca renungan ini. Kenapa saya katakan demikian?. Karena selama ini banyak orang percaya sudah terlanjur memiliki pola pikir yang salah. Mereka berpikir hidup sebagai orang Kristen itu sudah aman, nikmati dulu dunia ini dengan segala kesenangannya dan nanti kalau mati pasti masuk Sorga.

Saudaraku, kita harus sadar dan terus ingat bahwa untuk masuk Sorga itu tidak mudah, walaupun kita telah menerima anugerah keselamatan. Saya harus jujur mengatakan, setiap orang percaya yang saat ini tidak mengarahkan kerinduannya dan keinginan hatinya kepada Kerajaan Sorga, maka sampai mati pun orang-orang seperti ini tidak akan pernah berpikir tentang Sorga.

Memikirkan Dan Merindukan Kerajaan Sorga

Renungan Pagi : Memikirkan Dan Merindukan Kerajaan Sorga | Renunganhariini.com

Orang yang tidak pernah memikirkan Sorga dengan serius mulai saat ini, tidak mungkin akan tahan berdiri di hadapan Allah bila waktu-Nya telah tiba. Firman Tuhan katakan di dalam;

Lukas 21:34 “Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat. 21:35 Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini. 21:36 Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.”

Dari kebenaran ini kita tahu bahwa, kita sudah di ingatkan untuk menjaga hati kita, supaya tidak sarat dengan berbagai pesta pora dan kepentingan duniawi. Kalau selama hidup di dunia ini, kita hanya mengarahkan hati kita kepada perkara-perkara duniawi, maka kita tidak akan pernah memikirkan lagi bagaimana harus menjaga hati dan pikiran kita supaya tetap kudus dihadapan Allah.

Itulah kenapa dikatakan; Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.”

Kalau dikatakan, “supaya kamu tahan berdiri dihadapan Anak Manusia” dalam hal ini adalah Tuhan Yesus, karena tidak mungkin kita layak dihadapan Tuhan kalau selama hidup di dunia ini kita tidak pernah bersekutu dengan Tuhan, tidak pernah mau belajar mengerti apa yang Tuhan kehendaki. Padahal orang yang akan masuk Kerajaan Sorga adalah orang yang melakukan kehendak Allah Bapa di Sorga.

Jadi kalau orang percaya saat ini tidak serius memikirkan dan merindukan Sorga lebih dari apapun yang ada di dunia ini, maka sampai selamanya ia tidak akan pernah memikirkan Sorga dan tidak akan pernah berada di Sorga. Memang kedengarannya pernyataan ini keras, tetapi begitulah adanya. Sebab tidak mungkin orang yang selama hidup hanya bersahabat dengan dunia, bercinta dengan dunia, terus hidup dalam pesta pora yang melahirkan dosa, lalu mati akan diterima di dalam Kerajaan Sorga.

Ingat saudaraku, sudah terlalu sering saya ingatkan dalam setiap renungan, persahabatan dengan dunia itu permusuhan dengan Allah. (Yakobus 4:4). Jadi kalau selama hidup di dunia ini, kita sudah menjadikan diri kita musuh Allah, bagaimana mungkin setelah mati kita bisa masuk ke dalam Kerajaan-Nya.

Satu hal yang kita tidak boleh lupa adalah, firman Tuhan itu tidak dapat dibatalkan. Jadi kalau kita tetap hidup di dalam dosa, maka firman Tuhan sudah katakan, upah dosa adalah maut.

Itulah kenapa, betapa penting bagi kita sebagai orang percaya untuk serius memikirkan Kerajaan Allah mulai saat ini. Dengan terus mengarahkan hati dan pikiran kita hanya kepada Kerajaan Allah, maka kita akan berjuang untuk hidup di dalam kekudusan Allah. Sebab orang yang tidak ditemukan suci dan kudus sama seperti Allah, tidak akan bisa masuk kedalam Kerajaan-Nya. Firman Tuhan katakan di dalam;

Wahyu 21:27 Tetapi tidak akan masuk ke dalamnya sesuatu yang najis, atau orang yang melakukan kekejian atau dusta, tetapi hanya mereka yang namanya tertulis di dalam kitab kehidupan Anak Domba itu.

Sesuatu yang najis yang dimaksudkan dalam ayat ini tentu segala hal yang dihadapan Allah itu tidak berkenan. Jadi bagaimana mungkin selama hidup di dunia, kita terus hidup dalam kenajisan, terus melakukan hal-hal yang keji di hadapan Allah, terus hidup dalam dosa, lalu mati minta masuk Sorga.

Allah itu terlalu kudus. Saya ingatkan sekali lagi, kalau kita tidak menjaga hidup untuk tetap suci dan kudus sama seperti Allah yang kudus, maka tidak mungkin kita akan bisa menyatu dengan Allah yang kudus. Itulah kenapa firman Tuhan katakan di dalam;

1 Petrus 1:15 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, 1:16 sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.

Dengan memikirkan dan merindukan Kerajaan Sorga lebih dari apapun yang ada di dunia ini, maka kita akan berjuang untuk hidup dalam kekudusan Allah. Oleh sebab itu, kita tidak punya pilihan lain kalau kita ingin berada di dalam Kerajaan Allah.

Kita harus mengambil keputusan untuk meninggalkan dunia ini dengan segala kesenangannya, meninggalkan semua perbuatan dosa, dan mulai membangun persekutuan yang intim dengan Allah setiap hari.

Kalau kita membangun persekutuan yang intim dengan Allah setiap hari mulai saat ini, maka bila waktu-Nya tiba, kita tidak akan malu berdiri dihadapan-Nya, sebab kita akan dipandang sebagai orang-orang yang hidup takut akan Allah dan yang hidup melakukan kehendak-Nya. Dengan demikian Allah akan mengenal kita sebagai anak-anak-Nya.

Kiranya kebenaran ini mengubah cara pandang hidup kita dan membuat kita mengambil keputusan untuk memikirkan dan merindukan Sorga lebih dari apapun. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca juga : Pengikut Kristus Harus Menjadi Teladan

Renungan by Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2016 – Original Content | Renunganhariini.com

 

tags: , ,

Related For MEMIKIRKAN DAN MERINDUKAN KERAJAAN SORGA