MENGEJAR BERKAT ROHANI SETIAP HARI

RENUNGAN PAGI 2029 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan Pagi – Mengejar Berkat Rohani Setiap Hari. Shalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan singkat pagi ini berjudul; Mengejar Berkat Rohani Setiap Hari.

Saudaraku, seringkali kita mendengar khotbah atau orang berkata; kasih setia Tuhan tak berkesudahan, selalu baru setiap hari. Ini adalah kebenaran firman Tuhan yang ditulis dalam perjanjian lama, yang terdapat di dalam;

Ratapan 3:22 Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, 3:23 selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!

Dari landasan firman Tuhan ini, banyak pembicara atau pengkhotbah lalu menyampaikan kebenaran firman Tuhan ini kepada jemaat, dan kemudian apa yang disampaikan dalam khotbah tersebut, lalu dikaitakan dengan masalah berkat-berkat jasmani. Tujuannya supaya orang percaya tidak perlu takut, sebab berkat Tuhan akan terus diberikan setiap hari.

Disini kita harus melihatnya dengan hati nurani jujur, bahwa ayat firman Tuhan ini dituliskan di dalam perjanjian lama. Dimana sesungguhnya ayat ini lebih ditujukan kepada Bangsa Israel pada saat itu. Apabila mereka hidup takut akan Tuhan, taat melakukan perintah Tuhan, maka mereka akan selalu melihat kasih setia Tuhan yang terus memberkati mereka. Baik itu penyertaan Tuhan yang membuat mereka menang terhadap semua musuh-musuh mereka di dalam peperangan, menghalau musuh-musuh mereka, atau juga kasih setia-Nya yang dinyatakan dengan berkat-berkat jasmani.

Jika demikian apakah ayat ini juga berlaku bagi kita umat perjanjian baru saat ini, dimana orientasi berpikirnya juga lalu dapat dikaitkan dengan berkat-berkat jasmani?.

Tentu kita harus melihat dan memahami akan kebenaran firman Tuhan ini dengan hati nurani yang jujur, supaya kita bisa mengerti maksud dari ayat firman Tuhan ini, bila itu diterapkan pada kita yang hidup di zaman ini, sebagai umat perjanjian baru. Disini ada dua hal penting yang perlu kita pahami yaitu;

Pertama. Jika ayat firman Tuhan ini diterapkan di zaman perjanjian lama, maka orientasinya akan selalu berkaitan dengan berkat jasmani. Yaitu berkat yang disediakan Tuhan kepada Bangsa Israel pada zaman itu.

Kedua. Jika ayat firman Tuhan diterapkan di zaman perjanjian baru saat ini, maka kita harus melihatnya dari sudut pandang yang berbeda, dimana bukan berkaitan dengan berkat jasmani lagi. Akan tetapi, kalimat; Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi, harus dikaitan dengan berkat rohani.

Mengejar Berkat Rohani Setiap Hari

Renungan Pagi : Mengejar Berkat Rohani Setiap Hari | Renunganhariini.com

Pertanyaannya kenapa demikian?. Karena tujuan Bangsa Israel saat itu adalah untuk mencapai tanah kanaan dunia. Yaitu tanah yang berlimpah susu dan madu yang Tuhan janjikan kepada mereka saat itu, disaat Tuhan menuntun mereka keluar dari tanah mesir.

Bagi umat perjanjian baru, tujuannya sudah berbeda. Karena tujuannya bukan lagi tanah kanaan dunia. Akan tetapi, yang kita tuju saat ini dan yang harus kita capai adalah kanaan Sorgawi. Yaitu Kerajaan Sorga, dimana disanalah kita akan hidup dalam pemerintahan Tuhan Yesus yang akan memerintah sebagai Raja.

Oleh sebab itu, kita harus memiliki kepekaan untuk bisa melihat dan menangkap berkat-berkat rohani yang Tuhan sediakan kepada kita setiap hari. Dan berkat-berkat rohani itu selalu baru setiap hari. Kita akan temukan berkat-berkat rohani itu, lewat berbagai persoalan, tantangan atau masalah hidup yang kita hadapi setiap hari. Ini semua adalah merupakan proses didikan Tuhan yang harus kita lewati.

Kita harus melihatnya dari landasan berpikir yang benar yaitu; Tuhan merancang agar setiap kita tidak binasa. Jadi kita harus mengerti kalau dikatakan “kasih setia Tuhan tak berkesudahan” artinya Tuhan akan terus menuntun dan memberikan kekuatan kepada kita melewati hari-hari hidup ini, sampai pada titik dimana kita akan mencapai  kesempurnaan seperti yang dikehendaki oleh Allah Bapa di Sorga.

Jadi kalau dikatakan; Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!. Itu benar. Tetapi kita harus berjuang untuk terus belajar mengerti dan memahami berkat rohani apa yang Tuhan sediakan bagi kita setiap hari. Pasti setiap hari ada berkat rohani yang Tuhan sediakan bagi kita. Itulah kenapa firman Tuhan katakan di dalam;

Roma 8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Kalau dikatakan, Allah turut bekerja dalam segala sesuatu, artinya saat kita sakit, saat kita harus menghadapi tantangan, saat kita ada dalam masalah, saat kita di fitnah, saat kita dikecewakan oleh orang lain, saat kita dimusuhi, saat kita di hina, dan berbagai persoalan hidup lainnya yang harus kita hadapi, maka kita harus tetap percaya bahwa dibalik semuanya itu, ada berkat rohani yang Allah sediakan bagi kita.

Jangan pernah berpikir bahwa, Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan, lalu kita menilai kebaikan itu dalam bentuk berkat-berkat jasmani yang Tuhan sediakan. Sebab kalau hanya berkat jasmani yang selalu berkaitan dengan masalah makan, minum dan pakai, maka firman Tuhan katakan; asal ada makanan dan pakaian cukuplah.

Yang terpenting bagi kita saat ini adalah, berkat rohani yang Allah sediakan. Sebab proses untuk mencapai berkat rohani inilah yang akan membuat kita semakin dimurnikan di dalam Tuhan, semakin membuat kita mengerti apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Mungkin yang menjadi pertanyaannya adalah, kenapa harus dimurnikan lagi?. Bukankah Tuhan Yesus sudah mati untuk menghapus semua dosa-dosa kita, dan kita telah menerima keselamatan di dalam nama-Nya saat kita percaya kepada Dia.

Benar, semua dosa kita sudah dihapus, tetapi karakter dosa itu masih tetap melekat pada diri setiap manusia, termasuk setiap kita sebagai orang orang percaya. Jadi yang harus kita perangi, yang harus kita lawan, yang harus kita bereskan, adalah karakter dosa, yang masih melekat pada tubuh kita.

Kalau kita tidak mau masuk dalam proses pemurnian ini, maka karakter dosa itu akan tetap berkuasa atas hidup kita. Itulah yang membuat hati dan pikiran kita akan tetap dipenuhi dengan berbagai keinginan dunia. Dan keinginan-keinginan itulah yang akan terus mengikat kita, sehingga kita akan tetap terikat dengan percintaan dunia.

Kalau kita mengerti bahwa tujuan hidup kita adalah untuk mencapai kanaan sorgawi, maka kita harus mau memberi diri masuk dalam proses pemurnian. Dalam proses pemurnian inilah, kita akan terus belajar untuk memindahkan hati kita ke Sorga. Apa yang kita lakukan, apa yang kita pikirkan, semua itu adalah perkara-perkara sorgawi. Itulah kenapa firman Tuhan katakan di dalam;

Kolose 3:1 Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. 3:2 Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.

Kiranya kebenaran ini semakin membuat kita mengerti apa maksud dari, Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!. Dan dengan mengerti akan kebenaran firman ini kita akan semakin bergairah untuk mengejar berkat-berkat rohani yang Tuhan sediakan bagi kita setiap hari. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca juga: Menyerahkan Diri Sepenuhnya Kepada Tuhan

Artikel by Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2016 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: ,

Related For MENGEJAR BERKAT ROHANI SETIAP HARI