MENGUTAMAKAN TUHAN DALAM SEGALA HAL

RENUNGAN PAGI 5245 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan PagiMengutamakan Tuhan Dalam Segala Hal. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Renungan kita hari ini berjudul, Mengutamakan Tuhan Dalam Segala Hal.

Saudaraku, dalam hidup setiap manusia pasti ada hal-hal yang akan selalu diutamakan diantara satu dengan lainnya. Keadaan ini tanpa disadari terjadi dalam kehidupan setiap manusia pada umumnya.

Hal-hal yang selalu menjadi prioritas utama dalam hidup manusia biasanya tergantung dari keadaan hidup setiap orang, apakah masih sekolah, kuliah, sudah bekerja, sampai kepada yang sudah berumah tangga.

Keadaan hidup inilah yang membuat orang memiliki target hidup yang harus dicapainya, artinya ada yang perlu diutamakan. Yang masih sekolah, biasanya yang menjadi prioritas utamanya selesaikan sekolah sampai lulus, yang kuliah ingin cepat jadi sarjana, yang sudah bekerja, ingin cepat-cepat mencari pasangan hidup lalu menikah, yang sudah berumah tangga, biasanya ingin punya anak, punya rumah sendiri, punya kendaraan pribadi, dan berbagai keinginan lainnya yang ingin dicapai.

Semuanya itu biasanya akan dipandang sebagai realitas hidup, atau dianggap sebagai hidup yang wajar, karena pada umumnya orang akan berpikir bahwa, kita kan masih hidup di dunia jadi wajar saja bila memiliki keinginan. Dan semuanya itu akan dipandang sebagai cita-cita, atau dapat dikatakan sebagai resolusi kehidupan, target hidup yang harus dicapai.

Persoalannya sekarang adalah, seringkali sebagai orang percaya, kita ikut terjebak dalam cara berpikir seperti itu, sehingga apa yang kita utamakan di dalam hidup ini adalah hal-hal yang tidak memiliki nilai kekal.

Mengutamakan Tuhan Dalam Segala Hal

Renungan Harian Kristen : Mengutamakan Tuhan Dalam Segala Hal | Renunganhariini.com

Sebagai orang percaya kita harus memiliki cara pandang hidup yang berbeda, artinya apapun keadaan hidup yang kita jalani saat ini, kita harus memiliki landasan keinginannya hanya satu, yaitu mengutamakan Tuhan di dalam segala hal.

Dengan memiliki cara pandang hidup seperti inilah, pada akhirnya apapun yang kita lakukan, kita tahu semuanya itu kita lakukan untuk kemuliaan Tuhan. Inilah prioritas hidup yang bernilai kekal itu.

Saya katakan ini, sebab setiap orang percaya harus menyadari bahwa tujuan hidup yang utama itu, bukanlah semata-mata untuk meraih gelar, titel, pangkat, jabatan, kehormatan, dan bahkan kenyamanan hidup di dunia.

Sebab kalau semuanya itu yang kita kejar dan menjadi prioritas utama dalam hidup kita, maka pada akhirnya kehidupan kita akan menjadi sia-sia.

Kenapa sia-sia?. Sebab saat masih hidup di dunia ini, kita bisa saja menikmati semua yang kita inginkan, apa yang sudah kita capai dari hasil kerja keras dan usaha kita selama ini.

Akan tetapi kalau semuanya itu yang menjadi tujuan hidup kita di dunia ini, dan membuat kita tidak hidup mengutamakan Tuhan dalam segala hal, maka dapat dipastikan, dibalik kematian nanti, kita tidak akan dikenal oleh Tuhan. Firman Tuhan katakan di dalam;

I Korintus 15:32 Kalau hanya berdasarkan pertimbangan-pertimbangan manusia saja aku telah berjuang melawan binatang buas di Efesus, apakah gunanya hal itu bagiku? Jika orang mati tidak dibangkitkan, maka “marilah kita makan dan minum, sebab besok kita mati”.

Artinya kalau saat ini kita hidup dan bisa menikmati semua yang menjadi kinginan kita, dan dibalik kematian nanti tidak ada lagi kehidupan, atau tidak ada lagi kebangkitan orang mati, maka kita bisa hidup bersenang-senang menikmati hidup ini, dengan berbagai hal yang kita sukai.

Persoalannya dibalik hidup ini, ada kehidupan lagi, yaitu kehidupan kekal. Itulah yang dimaksudkan firman Tuhan diatas, ada kebangkitan orang mati. Olehnya setiap orang percaya harus menyadari akan hal ini, supaya bisa mengerti dengan benar apa tujuan hidup kita saat ini.

Setiap kita sebagai orang percaya itu harus menyadari akan panggilan kita, yaitu supaya pada akhirnya dibalik kehidupaan ini kita dumuliakan bersama-sama dengan Kristus. Itu yang harus menjadi tujuan hidup kita. Firman Tuhan katakan di dalam;

Roma 8:30 Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.

Jadi seharusnya prioritas utama kita dalam hidup ini adalah, mengutamakan Tuhan dalam segala hal, melebihi apapun yang kita inginkan di dunia ini, termasuk melebihi, gelar, titel, pangkat, jabatan, kehormatan, atau segala harta kekayaan yang kita miliki.

Kalau kita mengutamakan Tuhan dalam segala hal, maka apapun yang kita miliki, seperti yang sudah disebutkan diatas, semuanya akan kita pakai hanya untuk hormat dan kemuliaan nama Tuhan. Sehingga kita menjadi semakin rendah, dan Tuhan-lah yang ditinggikan di dalam hidup kita, dan ini gambaran dari orang yang hidup dalam kerendahan hati. Firman Tuhan katakan di dalam;

Filipi 4:5 Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat!

Artinya target hidup kita hanyalah memuliakan Tuhan dengan semua yang kita miliki, supaya setiap orang yang berjumpa dengan kita, mereka bisa melihat Kristus hidup di dalam kehidupan kita.

Jadi dengan mengerti akan kebenaran ini, maka kita mulai merubah landasan berpikir kita untuk semua yang akan kita capai. Karena kita tahu, bahwa tujuan hidup kita itu hanya satu yaitu dimuliakan bersama dengan Kristus, oleh sebab itu selama kita hidup di dunia ini, kita harus mengutamakan Tuhan diatas segala-galanya. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca Juga Renungan :

Memahami Kehendak Bebas Dengan Benar

Artikel by Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2016 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: ,

Related For MENGUTAMAKAN TUHAN DALAM SEGALA HAL