MENJADI PRIBADI YANG AGUNG SEPERTI KRISTUS

RENUNGAN PAGI 1803 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan PagiMenjadi Pribadi Yang Agung Seperti Kristus. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan pagi ini adalah “Menjadi Pribadi Yang Agung Seperti Kristus”.

Saudaraku, sejatinya setiap orang percaya atau setiap anak-anak Tuhan itu harus memiliki persekutuan yang intim dengan Tuhan. Sebab pengalaman dalam bersekutu dengan Tuhan setiap hari, mengalami Tuhan secara riil setiap hari, sesungguhnya hal ini bukanlah sesuatu yang spektakuler, bukan sesuatu yang luar biasa, akan tetapi ini barulah merupakan tingkat kewajaran cara hidup orang percaya yang benar demi untuk mencapai level yang dikehedaki Allah Bapa di sorga yaitu menjadi sempurna.

Untuk mencapai pengalaman mengalami Tuhan secara riil setiap hari lepas hari saja membutuhkan perjuangan yang berat, karena untuk menjadikan Tuhan sebagai satu-satu pokok kebutuhan, pokok penyembahan,tidaklah mudah. Jadi supaya kita bisa benar-benar terus memiliki persekutuan dengan Tuhan setiap hari, maka kita harus mau untuk melepaskan diri kita dari semua keterikatan dengan kenikmatan cara hidup dunia, barulah kita bisa menikmati Tuhan. Jadi sekali lagi yang perlu diingat adalah, persekutuan yang intim dengan Tuhan setiap hari itu bukan sesuatu yang luar biasa, tetapi itu merupakan standar hidup orang percaya yang benar.

Saya mengatakan hal ini, karena kita harus menyadari bahwa tujuan hidup kekristenan itu adalah menjadi anak-anak Allah yang memiliki kapasitas berpikir, sikap, maupun tindakan, semuanya harus seperti Allah. Orang-orang yang mau memiliki cara hidup seperti ini adalah merupakan orang percaya yang serius untuk mencapai sebuah kualitas hidup yang tinggi menurut kehendak Allah. Kualitas hidup seperti inilah yang dimaksudkan firman Tuhan didalam;

Yohanes 10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Menjadi Pribadi Yang Agung Seperti Kristus

Renungan Pagi : Menjadi Pribadi Yang Agung Seperti Kristus

Jadi kata kelimpahan yang dimaksudkan dalam ayat ini, bukan kelimpahan secara materi, akan tetapi mempunyai kualitas hidup seperti yang Allah Bapa di sorga kehendaki.

Kalau kita lihat ayat firman Tuhan ini dikatakan pada awalnya “Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan “ ini artinya iblis yang digambarkan sebagai pencuri akan selalu berusaha untuk merusak persekutuan yang intim anak-anak Tuhan setiap hari, dengan Allah Bapa di sorga. Cara yang digunakan untuk merusak persekutuan yang intim dengan Tuhan adalah dengan menyuntikan gaya hidup dunia yang selalu dianggap wajar bagi manusia pada umumnya.

Orang percaya yang mau mempertaruhkan hidupnya untuk terus memiliki persekutuan dengan Tuhan secara riil setiap hari adalah orang-orang yang mencintai hidup yang sesungguhnya. Hidup yang dikehdaki Allah, hidup yang memiliki stadar atau level kehidupan sebagai bangsawan sorgawi, yang akan mewarisi langit baru dan bumi baru.

Memiliki persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus setiap hari, akan mengubah kita menjadi pribadi yang agung seperti Kristus. Orang percaya seperti ini tidak lagi hidup hanya untuk kepentingan dirinya sendiri, karena ia tahu benar bahwa kalau ia hidup saat ini, itu artinya seluruh hidupnya hanya untuk kepentingan Kerajaan Allah, hidup hanya untuk menyukakan dan menyenangkan hati Bapa di sorga.

Cara hidup tidak lagi memikirkan kepentingan diri sendiri inilah yang diajarkan oleh Tuhan Yesus, supaya setiap orang percaya bisa mengikuti jejak hidupnya. Inilah maksud dari cara hidup seperti yang dikatakan oleh Tuhan Yesus di dalam;

Matius 5:44 Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

5:45 Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.

5:46 Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian?

5:47 Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allah pun berbuat demikian?

Orang percaya yang benar akan melihat semua peristiwa hidup yang dialaminya sebagai sebuah pelajaran berharga untuk terus merubah diri menjadi pribadi seperti yang dikehendaki Allah. Tetapi tidak sedikit juga dari anak-anak Tuhan yang tidak pernah mau bercermin dari peristiwa-peristiwa hidupnya, sebaliknya malah menjerumuskan hidup mereka kedalam cara hidup dunia yang pada akhirnya membuatnya menjadi rusak.

Orang-orang yang mau terus bercermin pada peristiwa-peristiwa hidup yang dialaminya dan mau merubah diri menjadi pribadi yang Allah kehendaki, adalah orang-orang yang selalu menyadari akan apa yang dikatakan firman Tuhan dalam;

Roma 8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Jadi semua peristiwa hidup ini, harus menjadi pelajaran berhaga bagi setiap kita untuk terus belajar dan mengerti akan kehendak Allah, lalu terus bertumbuh dalam persekutuan dengan Allah sampai pada level standar hidup yang Allah kehendaki yaitu memiliki pribadi yang agung sama seperti Kristus. Dititik inilah maka kita akan menjadi pribadi yang Allah mau yaitu sempurna sama seperti Allah Bapa di sorga yang adalah sempurna. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Jangan Lupa Baca Juga :

Menjadi Sempurna Sama Seperti Bapa Di Sorga

Artikel by Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2015 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: ,

Related For MENJADI PRIBADI YANG AGUNG SEPERTI KRISTUS