MEMILIH TEMPAT TINGGAL DI KEHIDUPAN KEKAL

SORGA DAN NERAKA 1491 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Sorga Dan Neraka : Memilih Tempat Tinggal Di Kehidupan Kekal. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan hari ini adalah, memilih tempat tinggal di kehidupan kekal.

Saudaraku, dalam hidup ini setiap orang pasti telah memiliki rancangan untuk masa depannya, termasuk memilih tempat dimana ia ingin tinggal bersama-sama dengan keluarganya suatu saat nanti. Dan biasanya dalam pikiran banyak orang, mereka akan membayangkan sebuah tempat tinggal yang cukup asri untuk dinikmati bersama dengan keluarga.

Hal ini sesungguhnya tidaklah berbeda dengan kehidupan di kekekalan nanti, dan setiap orang percaya pasti tahu dan mengerti bahwa diakhir kehidupan di dunia ini atau dibalik kematian nanti, maka manusia akan berada pada sebuah kehidupan baru yaitu kehidupan kekal. Proses menuju kehidupan kekal ini sesungguhnya tanpa disadari, kita sudah mulai merancangnya dari sekarang.

Persoalannya sekarang adalah, dalam kehidupan kekal nanti, atau kehidupan yang sesungguhnya, hanya ada dua tempat dimana manusia akan menjalani hidupnya dalam kekekalan atau dalam kehidupan tanpa batas waktu.

Tempat untuk kehidupan kekal itu ada yang namanya, sorga dan neraka, dan kedua tempat inilah yang menjadi pilihan bagi setiap manusia, dimana mereka ingin hidup.

Kalau sudah dikatakan sorga dan neraka, maka semua orang pada umumnya akan memilih tempat tinggalnya di kehidupan kekal nanti adalah di sorga, hal ini karena pada umumnya semua manusia tahu dan mengerti bahwa neraka adalah tempat dimana setiap orang yang ada didalamnya akan dibakar selama-lamanya tanpa batas waktu, dan itu yang sering saya katakan bahwa keadaannya sangat tragis dan sangat mengerikan.

Sesungguhnya pilihan setiap manusia mau berada dimana saat di kehidupan kekal nanti, itu sudah tentukan atau sudah dirancang mulai sekarang, walaupun sering kita tidak menyadarinya, hal ini dikarenakan pilihan itu ditentukan melalui cara hidup atau gaya setiap manusia, termasuk kita sebagai orang percaya.

Pertanyaannya sekarang, mau pilih tempat tinggal yang mana?

Hidup di neraka

Saudaraku, siapapun manusia pasti tidak akan ada yang mau memilih untuk hidup di neraka karena setiap orang pasti tahu bahwa kehidupan di neraka itu begitu menyakitkan dan menyikasa, bahkan siksaan itu tidak pernah berkesudahan, jadi dapat dipastikan tidak akan ada orang yang tinggal di sana.

Seperti apa neraka itu?

Mungkin selama ini kita hanya akrab dengan perkataan neraka, dan mengerti kalau neraka itu tempatnya dipenuhi oleh api, tetapi saat ini mari kita lihat apa yang firman Tuhan katakan tentang neraka.

Memilih Tempat Tinggal Di Kehidupan Kekal

Ilustrasi Neraka : Memilih Tempat Tinggal Di Kehidupan Kekal

II Petrus 2:4 Sebab jikalau Allah tidak menyayangkan malaikat-malaikat yang berbuat dosa tetapi melemparkan mereka ke dalam neraka dan dengan demikian menyerahkannya ke dalam gua-gua yang gelap untuk menyimpan mereka sampai hari penghakiman;

Dari kebenaran ini kita bisa mengerti bahwa neraka merupakan sebuah tempat yang sangat mengerikan, bahkan bukan hanya sekedar tersiksa oleh nyala api di dalam goa-goa gelap, akan tetapi neraka juga merupakan lautan api, seperti yang firman Tuhan gambarkan berikut ini.

Wahyu 20:10 dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.

Jadi bukan saja merupakan lautan api, tetapi di nerakapun dipenuhi dengan belerang dan itu dapat kita bayangkan betapa tersiksanya orang-orang yang pada akhirnya dibuang ke dalam kehidupan di neraka.

Saudaraku seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa pilihan untuk hidup di sorga atau neraka itu tergantung dari cara hidup atau gaya hidup kita selama kita masih hidup di dunia ini, jadi pilihan itu bukan setelah mati baru kita memilih, akan tetapi selagi hidup didunia ini kita sebenarnya sudah menentukan pilihan, mau hidup di sorga atau neraka.

Hidup di sorga

Kalau selama ini kita hanya mengerti kalau sorga itu indah, tentu setiap kita pasti ingin tahu seperti apa kehidupan di sorga itu.

Seperti apa sorga itu?

Sebagai orang percaya kita telah menerima janji keselamatan di dalam Tuhan kita Yesus Kristus, akan tinggal bersama-sama dengan Dia di dalam Kerajaan-Nya yaitu sorga yang mulia. Lalu seperti apa sorga itu?. Firman Tuhan menggambarkannya bagi kita demikian;

Memilih Tempat Tinggal Di Kehidupan Kekal

Ilustrasi Sorga : Memilih Tempat Tinggal Di Kehidupan Kekal

Wahyu 21:1 Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan laut pun tidak ada lagi.

21:2 Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.

21:3 Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: “Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka.

21:4 Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu.”

Kemudian kalau kita baca lebih lanjut lagi wahyu pasal 21 ini maka firman Tuhan menggambarkannya kepada kita bahwa sorga adalah sebuah tempat yang sangat indah dan tiada bandingannya, seperti yang dikatakan dalam;

Wahyu 21:11 Kota itu penuh dengan kemuliaan Allah dan cahayanya sama seperti permata yang paling indah, bagaikan permata yaspis, jernih seperti kristal.

21:12 Dan temboknya besar lagi tinggi dan pintu gerbangnya dua belas buah; dan di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua belas malaikat dan di atasnya tertulis nama kedua belas suku Israel.

21:13 Di sebelah timur terdapat tiga pintu gerbang dan di sebelah utara tiga pintu gerbang dan di sebelah selatan tiga pintu gerbang dan di sebelah barat tiga pintu gerbang.

21:14 Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.

21:15 Dan ia, yang berkata-kata dengan aku, mempunyai suatu tongkat pengukur dari emas untuk mengukur kota itu serta pintu-pintu gerbangnya dan temboknya.

21:16 Kota itu bentuknya empat persegi, panjangnya sama dengan lebarnya. Dan ia mengukur kota itu dengan tongkat itu: dua belas ribu stadia; panjangnya dan lebarnya dan tingginya sama.

21:17 Lalu ia mengukur temboknya: seratus empat puluh empat hasta, menurut ukuran manusia, yang adalah juga ukuran malaikat.

21:18 Tembok itu terbuat dari permata yaspis; dan kota itu sendiri dari emas tulen, bagaikan kaca murni.

21:19 Dan dasar-dasar tembok kota itu dihiasi dengan segala jenis permata. Dasar yang pertama batu yaspis, dasar yang kedua batu nilam, dasar yang ketiga batu mirah, dasar yang keempat batu zamrud,

21:20 dasar yang kelima batu unam, dasar yang keenam batu sardis, dasar yang ketujuh batu ratna cempaka, yang kedelapan batu beril, yang kesembilan batu krisolit, yang kesepuluh batu krisopras, yang kesebelas batu lazuardi dan yang kedua belas batu kecubung.

21:21 Dan kedua belas pintu gerbang itu adalah dua belas mutiara: setiap pintu gerbang terdiri dari satu mutiara dan jalan-jalan kota itu dari emas murni bagaikan kaca bening. 21:22 Dan aku tidak melihat Bait Suci di dalamnya; sebab Allah, Tuhan Yang Mahakuasa, adalah Bait Sucinya, demikian juga Anak Domba itu.

21:23 Dan kota itu tidak memerlukan matahari dan bulan untuk menyinarinya, sebab kemuliaan Allah meneranginya dan Anak Domba itu adalah lampunya.

21:24 Dan bangsa-bangsa akan berjalan di dalam cahayanya dan raja-raja di bumi membawa kekayaan mereka kepadanya;

21:25 dan pintu-pintu gerbangnya tidak akan ditutup pada siang hari, sebab malam tidak akan ada lagi di sana;

21:26 dan kekayaan dan hormat bangsa-bangsa akan dibawa kepadanya.

21:27 Tetapi tidak akan masuk ke dalamnya sesuatu yang najis, atau orang yang melakukan kekejian atau dusta, tetapi hanya mereka yang namanya tertulis di dalam kitab kehidupan Anak Domba itu.

Saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, setelah kita membaca akan kebenaran ini maka kita akan memilih tempat yang mana yang akan kita pilih untuk kehidup kita didalam kekekalan nanti, karena memilih tempat tinggal di kehidupan kekal itu dimulai dari sekarang.

Kita akan terus membahas tentang hal yang satu ini secara berseri dalam kategori sorga dan neraka, sehingga kebenaran ini dapat memberi pencerahan bagi setiap kita untuk tidak salah memilih cara hidup ataupun gaya hidup selama kita masih hidup di dunia ini, sebab apapun kehidupan yang kita jalani di dunia ini akan selalu memiliki dampak bagi kehidupan kita dalam kehidupan yang sesungguhnya di kekekalan nanti. Kiranya kebenaran ini memberkati kita semua. Amin.

Jangan Lupa Baca Juga Renungan :

Meninggalkan Kesenangan Dunia Dan Hidup Menikmati Tuhan

Artikel by Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2015 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: , ,

Related For MEMILIH TEMPAT TINGGAL DI KEHIDUPAN KEKAL