KELUAR DARI KEGELAPAN

renungan harian kristen

Kita Harus Bejuang Untuk Keluar Dari Kegelapan, Dan Masuk Ke Dalam Kehidupan Yang Penuh Kemuliaan

Renunganhariini.com – Renungan Harian: Saudaraku, tanpa di sadari saat ini ada begitu banyak orang percaya atau orang Kristen yang tenggelam dalam kegelapan hidup yang penuh dengan pesta pora. Dan hal ini menunjukkan bahwa dunia saat ini ada di dalam kegelapan yang sangat dahsyat, tetapi tidak banyak orang percaya, tidak banyak orang Kristen yang menyadari akan hal ini.

Kalau firman Tuhan berbicara tentang hidup dalam pesta pora, ini bukan sekadar menikmati kemeriahan makan, minum, dan kemabukan dalam hingar bingar musik semata-mata. Tetapi yang dimaksudkan hidup dalam pesta pora adalah, ketika segala aktivitas hidup yang kita lakukan, bila itu tidak membangun kesucian hati manusia batiniah kita, bila itu tidak mengarahkan fokus hidup kita kepada Tuhan dan kerajaan-Nya, maka ini adalah pesta pora.

Sekali pun banyak orang masih menganggap bahwa cara hidup yang demikian masih wajar. Tetapi wajar menurut dunia itu tidak berarti wajar menurut Tuhan. Jadi kita harus menyadari mulai saat ini, apa pun yang kita lakukan, bila itu tidak membangun manusia batiniah kita untuk semakin berkenan, semakin bertumbuh dalam kesucian dan kekudusan Allah, maka itu adalah pesta pora.

Kenapa banyak orang percaya, banyak orang Kristen yang semakin tenggelam dalam kegelapan hidup yang penuh pesta pora?. Karena sesungguhnya mereka tidak mengerti dengan benar standar hidup sebagai anak-anak Allah. Mereka hanya mengaku percaya kepada Allah di dalam Tuhan Yesus Kristus, lalu merasa sudah menjadi anak-anak Allah, tanpa mau belajar menjadi anak-anak Allah seperti yang Allah Bapa kehendaki. 

Roma  13:13 Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati.

Kalau dikatakan; Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, itu artinya kita harus hidup dalam kebenaran, dalam kesucian, dalam kekudusan, dan itulah yang dinamakan hidup di dalam terang.

Selanjutnya dikatakan, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati. Ini berbicara tentang jangan lagi hidup menuruti keinginan dan kesenangan diri sendiri yang semuanya itu hanya menyenangkan daging kita ini. Dan cara hidup seperti ini sama dengan hidup dalam pesta pora.

Jadi ketika kita mengaku diri sebagai orang percaya atau orang Kristen yang telah menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat hidup kita, maka tujuan hidup kita hanya satu yaitu Tuhan dan Kerajaan-Nya, dan tidak boleh ada yang lain. Mungkin sebagian saudara belum bisa menerima ini, tetapi suka atau tidak suka saya harus ajarkan ini kepada saudara, supaya saudara bisa menyadari apa itu hidup dalam kegelapan.

Kalau saudara menganggap bahwa ini pengajaran yang terlalu keras, maka saya harus katakan bahwa ini adalah standar hidup orang percaya yang sesungguhnya. Sebab untuk apa kita berkata kita percaya kepada Allah, tetapi fokus hidup kita masih terbagi dengan dunia.

Kalau dikatakan tujuan hidup kita hanya Tuhan dan Kerajaan-Nya. Maka disini ada dua hal penting yaitu, Yang pertama; Tuhan, artinya kita harus berjuang untuk terus bertumbuh, terus berubah, sehingga pribadi kita menjadi sama seperti Yesus.

Yang kedua; Kerajaan-Nya artinya kita harus berjuang untuk terus ada dalam kesucian dan kekudusan Allah supaya kita bisa diterima di dalam Kerajaan Allah Bapa di sorga.

Jika demikian, maka kita harus mengambil keputusan untuk keluar dari kegelapan dunia ini yang penuh dengan pesta pora, dan masuk ke dalam terang kehidupan yang penuh dengan kemuliaan, bila kita ingin anugerah keselamatan yang telah Allah berikan itu menjadi nyata dalam kehidupan kita di kekekalan nanti. Kiranya kebenaran ini semakin menyadarkan kita. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin. (Renungan oleh, Pdt.Franky Tutuhatunewa).   

You might like

About the Author: RHI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *