MERENUNGKAN FIRMAN SIANG DAN MALAM

renungan hari ini

Renunganhariini.comRenungan Harian: Yosua  1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

Firman Tuhan ini merupakan perintah Allah kepada Yosua, sebab ketika Musa telah mati maka Allah memilih Yosua untuk memimpin bangsa Israel masuk ke negeri yang Allah janjikan Allah kepada bangsa itu.

Dari kebenaran Firman Tuhan ini kita bisa melihat ada satu nasehat yang sangat luar biasa  Allah berikan kepada Yosua, supaya Yosua bisa berhasil dan beruntung yaitu dengan cara memperkatakan Firman dan merenungkannya Firman siang dan malam.

Memperkatakan Firman dan merenungkan Firman siang dan malam adalah sebuah gambaran keintiman kita dengan Tuhan. Sebab orang yang terus merenungkan Firman Tuhan siang dan malam, apa pun yang dilakukannya pasti ia akan selalu bertindak hati-hati sesuai dengan Firman Tuhan.

Orang yang mau terus merenungkan Firman Tuhan siang dan malam, adalah orang yang rindu untuk hidup melekat kepada Tuhan, dan menginginkan Tuhan lebih dari apa pun dan siapapun. Jika kita mau hidup dengan cara hidup seperti ini, maka perjalanan hidup kita akan berhasil, sebab cara hidup seperti ini sama dengan hidup melakukan kehendak Allah.

Perlu di ingat bahwa hidup yang berhasil itu bukan keberhasilan dengan standar atau ukuran dunia, tetapi harus dengan standar dan ukuran Allah. Kunci keberhasilan itu sudah Allah berikan kepada kita, tetapi seringkali kita tidak mau melakukannya. Tuhan katakan kepada Yosua;

Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

renungan hari ini
Renungan Hari Ini : Merenungkan Firman Siang Dan Malam

Perhatikan ada kalimat, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya. Artinya apa yang sudah Tuhan perintahkan dalam Firman-Nya, itu tidak boleh di langgar. Jadi apa yang diperintahkan Tuhan itu yang dilakukan, dengan kata lain kita tidak boleh melakukan segala sesuatu yang tidak Allah perintahkan.  

Sebagai orang percaya kita harus menyadari bahwa dalam menjalani hidup ini, semua gerak hidup kita harus tunduk sepenuhnya dalam kedaulatan Allah. Artinya kita harus hidup dalam ketaatan penuh dalam melakukan perintah Allah. Melakukan perintah Allah sama dengan melakukan kehendak Allah.

Orang yang hidup melakukan kehendak Allah adalah gambaran dari orang yang sungguh-sungguh mengasihi Allah dan hidup takut akan Allah. Cara hidup seperti itulah yang sesungguhnya Tuhan Yesus ajarkan selama Ia hidup di dunia ini. Sebagai orang percaya kita terpanggil untuk hidup dengan cara hidup yang demikian.

Dengar Renungan Audio : Apa Yang Dicari Di Dunia

Tidak banyak orang yang tertarik dengan cara hidup seperti ini, padahal hidup melakukan kehendak Allah adalah kunci keberhasilan hidup yang sesungguhnya. Sebab melakukan kehendak Allah itu adalah perintah yang harus kita lakukan, jika kita ingin pada akhirnya diterima dalam Kerajaan Allah.

Kalau Yosua harus taat melakukan perintah Allah supaya ia bisa berhasil memimpin bangsa Israel masuk ke tanah perjanjian, maka orang percaya harus hidup melakukan kehendak Allah supaya bisa diterima di dalam Kerajaan Allah. Firman Tuhan katakan dalam;

Matius 7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Hidup seperti ini harus menjadi kerinduan kita sebagai orang percaya melebihi kerinduan kita terhadap apa pun dan siapa pun. Kiranya kebenaran firman ini memberkati kita semua. Amin. (Renungan oleh, Pdt.Franky Tutuhatunewa.S.Th)

Baca Juga Renungan : Menjadi Garam Dan Terang

You might like

About the Author: RHI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *